Visitor this BLOG

Translate this BLOG

Tuesday 17 December 2013

10 FAKTA MENGEJUTKAN TENTANG NELSON MANDELA

1. Pecinta Spice Girls

 

Kehidupan Nelson Mandela memang tidak selamanya berhubungan dengan politik dan pemerintahan. Di satu sisi dia juga menyukai musik, terutama yang dibawakan oleh Spice Girls. Yep, dia memang penggemar berat grup yang mempopulerkan tembang Viva Forever itu.


2. Dia Seorang 'Teroris'

Ia memang pejuang hak kemanusiaan, namun di satu sisi Nelson Mandela juga seorang teroris yang membentuk kelompok bernama ANC. Kelompok ini dibentuk sebagai reaksi dari pembantaian Sharpeville yang telah membunuh 69 demonstran Afrika Selatan. Namun dalam prakteknya, ANC ternyata melakukan hal yang lebih gila dengan melemparkan bom mematikan pada warga sipil.

3. Teroris Namun Melindungi

Walau sempat membentuk ANC, namun Nelson pribadi adalah sosok yang pecinta damai. Sepanjang perjuangannya, dia tak pernah secara langsung menyakiti warga sipil. Meski demikian, hal ini sama sekali tak meloloskannya dari penjara.


4. Ringan Tangan Pada Wanita?

Fakta ini terungkap setelah Nelson bercerai dengan istri pertama pada akhir tahun 1950-an. Mantan istrinya mengungkapkan bahwa dia telah menjadi korban kekerasan dalam rumah tangga. Sayangnya, klaim ini ternyata tak mengurangi rasa hormat rakyat padanya.

5. Berteman Dengan Diktator

Walau dikenal sebagai pejuang hak asasi manusia, namun Nelson Mandela juga dikenal sebagai sahabat seorang diktator. Muammar Gaddafi adalah sosok yang masuk daftar Diktator Terburuk Dunia, namun selalu menunjukkan dukungannya pada perjuangan Nelson.

6. Pejuang AIDS

Fakta bahwa Afrika adalah daerah dengan penderita AIDS terbesar dunia memang membuat Nelson miris. Alhasil, dia turun tangan langsung membantu para korban. Dia memberikan sumbangan dalam jumlah besar dari kantong pribadinya untuk disumbangkan pada yayasan yang berjuang untuk membantu para korban AIDS.


7. Menikahi Pembunuh

Di antara tiga wanita yang pernah dinikahinya, istri kedua Nelson adalah yang paling menakutkan. Bagaimana tidak, Winnie Mandela pernah dinyatakan bersalah atas pembunuhan seorang remaja berusia 14 tahun. Remaja itu dibunuh lantaran memberikan informasi tentang perjuangan Nelson pada polisi.

8. Pemikat Wanita

Nelson Mandela dan wanita adalah hal yang tak terpisahkan. Bapak Afrika ini memang memiliki reputasi sebagai pecinta wanita, yang bisa dengan mudah memikat kaum Hawa. Tak heran jika dia sampai menikah tiga kali.

9. Komunis

Paham komunis mungkin bukan hal yang umum dianut oleh pria kulit hitam yang saat itu hidup dalam kemiskinan. Namun nyatanya, Nelson Mandela memang seorang komunis.

10. Benci Publisitas

Saat baru saja menjabat sebagai Presiden, dunia mengelu-elukan sosoknya. Namun Nelson hanya mengatakan bahwa dia hanya pria biasa yang kebetulan diangkat sebagai pemimpin. Sederhana sekali, bukan?

No comments:

Post a Comment